TALKSHOW KELUARGA SEHAT RSPI SULIANTI SAROSO “VAKSINASI SEBELUM BEPERGIAN KE DAERAH ENDEMIS” PADA SIARAN RADIO KESEHATAN KEMKES 25 NOPEMBER 2019

Jakarta (25/11) – Tampil kembali pada Siaran Talkshow Keluarga Sehat - Radio Kesehatan Kementerian Kesehatan.pada hari Senin, 25 Nopember 2019, pk. 09.00 – 10.00 WIB, kali ini RSPI Sulianti Saroso membawakan topik “Vaksinasi Sebelum Bepergian ke Daerah Endemis”.

 

Bepergian ke daerah atau negara baru, dapat menjadi pengalaman menyenangkan namun harus berhati – hati dengan resiko terjangkit penyakit bawaan dari daerah tersebut. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk melindungi diri yaitu dengan mendapatkan vaksinasi sebelum bepergian/ melakukan perjalanan, terutama ke daerah yang endemis. Hal ini bisa mengurangi resiko terjadi gangguan kesehatan saat berada atau setelah kepulangan.

 

Bertindak sebagai narasumber pada talkshow kali ini adalah dr. Nunung Hendrawati, MKK. Akan mencoba menjawab pertanyaan – pertanyaan, seperti : seberapa penting melakukan vaksin, seberapa paham masyarakat melakukannya, apakah terlebih dahulu harus konsultasi dengan dokter, jenis – jenis vaksinnya, dimana mendapatkannya, apakah perlu melakukan pengecekan kesehatan setelah kembali, apakah harus melakukan vaksin ulang, apakah perlu melakukan vaksinasi tambahan, apa dampak jika tidak melakukan vaksin serta pertanyaan lainnya dari pendengar radio.

 

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Dengan melakukan vaksinasi sebelum kita bepergian ke daerah endemis penyakit tertentu, bisa menurunkan resiko terjangkit penyakit bawaan. Segera konsultasikan ke dokter, jika ada gejala khusus setelah kembali dari daerah endemis tersebut.

 

Sehat untuk kita semua …. Sehat Indonesia!