TALKSHOW KELUARGA SEHAT RSPI SULIANTI SAROSO “PERAN MASYARAKAT DALAM MENGHADAPI PENANGANAN HIV” PADA SIARAN RADIO KESEHATAN KEMKES 3 DESEMBER 2019

Jakarta (03/12) – Masih dalam suasanan memperingati Hari AIDS Sedunia, RSPI Sulianti Saroso kembali hadir pada siaran radio kesehatan di Radio Kesehatan Kementerian Kesehatan.pada hari Selasa, 03 Desember 2019, pk. 09.00 – 10.00 WIB, dengan topik “Peran Masyarakat Dalam Menghadapi Penanganan HIV”. Bertindak sebagai narasumber kali ini adalah dr. Adria Rusli, SpP(K).

 

Kita ketahui bersama bahwa HIV AIDS merupakan salah satu penyakit mematikan di dunia, tersebar dalam bentuk virus yang hingga saat ini belum ditemukan cara untuk mengobatinya. Kita sebagai masyarakat Indonesia tentunya harus ikut berperan dalam penanganan HIV ini, perkembangannya, penyebabnya, cara penularannya dan gejalanya.

 

Jika seseorang menderita HIV dan tidak diobati, itu dapat memperburuk kondisi si penderita hingga dapat menyebabkan kematian. Hal ini terjadi karena sistem kekebalan tubuhnya terganggu oleh adanya virus yang membuat sistem kekebalan tubuh tidak mampu melindungi diri dari penyakit atau infeksi. Dijelaskan pula tahapan perjalanan virus, pendeteksiannya serta terapi pengobatannya.

 

Penanganan HIV/AIDS tidak hanya bisa dilakukan oleh tim medis saja melainkan oleh semua unsur lapisan masyarakat. Masing – masing mempunyai andil besar dalam penanganan bahkan juga pencegahannya. Pengetahuan dan kesadaran masyarakat terhadap HIV di Indonesia harus benar – benar ditingkatkan. Mulai dari penanganan awal, peran penting keluarga, orang sekitar/lingkungan tempat tinggalnya sehingga diskriminasi/stigma negatif terhadap penderita tidak terjadi.

 

INGAT : Jauhi Penyakitnya, BUKAN Orangnya!