TALKSHOW KELUARGA SEHAT RSPI SULIANTI SAROSO “MENGENAL DAN MENCEGAH PENYAKIT HEPATITIS A” PADA SIARAN RADIO KESEHATAN KEMKES

Jakarta (09/12) – Beberapa waktu yang lalu sempat ramai menjadi perbincangan terkait kasus mewabahnya Hepatitis A di Depok, Jawa Barat. Kasus tersebut pertama kali ditemukan di SMPN 20 Depok. Kementerian Kesehatan sempat melaporkan ada 262 kasus di Depok tersebut hingga tanggal 03 Desember 2019. Masih hangatnya peristiwa di Depok diangkat oleh RSPI Sulianti Saroso sebagai tema pada siaran radio kesehatan di Radio Kesehatan Kementerian Kesehatan.pada hari Senin, 09 Desember 2019, pk. 09.00 – 10.00 WIB, dengan topik “Mengenal & Mencegah Penyakit Hepatitis A”. Bertindak sebagai narasumber adalah dr. Herlina, SpPD.

 

Walaupun kasus Hepatitis A  di Depok telah menurun, kita diharapkan tetap waspada. Salah satunya dengan mengenal dan mencegah penyakit tersebut. Narasumber menjelaskan apa itu penyakit Hepatitis A, apa bedanya dengan Hepatitis B dan C, seperti apa cara penularannya, bagaimana mengetahui gejala atau tanda – tanda yang muncul, berapa lama masa inkubasinya, bagaimana penanganan dan pengobatannya, adakah pantangannya, bagaimana mencegah sehingga tidak mewabah, bagaimana dengan pemberian vaksin Hepatitis A.

 

Penyakit Hepatitis A cenderung ringan dan mudah sembuh dengan sendirinya namun mudah mewabah. Sebisa mungkin kita tidak tertular Untuk itu, tetap, utamakan dan membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat. Tetap waspada. Tetap menjaga kebersihan lingkungan, termasuk sumber air agar tidak tercemar.

 

INGAT : Tidak ada sakit yang menyenangkan!.