SIAP TANGKAL PENULARAN COVID-19

Pada tanggal 31 Desember 2019, WHO menginformasikan bahwa telah terdeteksi kasus pneumonia di Wuhan, Cina yang tidak/belum diketahui penyebabnya. Pada tanggal 7 Januari 2020, pemerintah Cina berhasil mengisolasi coronavirus tipe baru dari pasien yang terinfeksi dan kemudian disebut dengan Coronavirus Disease-19 (COVID-19). Kasus COVID-19 sampai tanggal 12 Februari 2020 telah terkonfirmasi di 25 negara sejumlah 45.171 kasus. Coronavirus Disease-19 dapat menyebabkan penyakit pada manusia dan hewan. Pada manusia menyebabkan penyakit mulai dari flu biasa hingga penyakit radang paru yang serius seperti pada Middle East Respiratory Syndrome Coronavirus (MERS-CoV) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). Adapun angka kematian kasus COVID-19 sampai tanggal 12 Februari 2020 hanya sebesar 2,5% dibandingkan dengan SARS (14%-15%), MERS-CoV (34,4%) dan Avian Influenza A (52,8%).

CARA PENULARAN

Virus COVID-19 bersifat zoonosis yang penularannya terjadi dari hewan ke manusia. Banyak pasien pada wabah yang disebabkan oleh COVID-19 dilaporkan  berkaitan dengan pasar seafood dan hewan liar di Wuhan, Cina. Namun seiring dengan bertambahnya kasus, pemerintah Cina mengkonfirmasi bahwa telah terjadi penularan dari manusia ke manusia. 

Penularan dari manusia ke manusia berisiko bila memiliki riwayat kontak erat dengan orang yang terinfeksi. Yang disebut riwayat kontak erat adalah:

1.        Riwayat kontak dengan kasus konfirmasi

2.       Bekerja atau mengunjungi fasilitas kesehatan yang berhubungan dengan pasien konfirmasi COVID-19 di China atau wilayah/negara yang terjangkit

3.       Memiliki riwayat perjalanan ke Wuhan dan memiliki demam > 38 derajat celcius.

Penularan COVID-19 terutama terjadi melalui batuk dan bersin, dengan jarak penularan dari orang yang terinfeksi sejauh ± 1-2 m.

Gejala Klinis

Gejala yang ditimbulkan bila seseorang tertular virus COVID-19 adalah demam, batuk, hingga kesulitan bernafas. Gejala mungkin dapat timbul pada hari ke-2 hingga hari ke-14 sesudah terinfeksi virus. Pada kasus yang lebih berat, infeksi COVID-19 dapat menyebabkan radang paru atau pneumonia, sindrom pernafasan akut, hingga komplikasi gagal ginjal dan bahkan kematian. 

Pencegahan

Hingga saat ini, belum ada vaksin untuk mencegah penularan COVID-19. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah infeksi virus ini adalah:

·         Menjaga kesehatan dan kebugaran agar sistem imunitas/ kekebalan tubuh meningkat.

·         Melakukan kebersihan tangan menggunakan air dan sabun atau handrub berbasis alkohol. Melakukan kebersihan tangan sampai bersih merupakan salah satu tindakan yang mudah dan murah. Sekitar 98% penyebaran penyakit bersumber dari tangan. Karena itu, menjaga kebersihan tangan adalah hal yang sangat penting.

·         Ketika batuk dan bersin, upayakan menjaga agar lingkungan Anda tidak tertular. Tutup hidung dan mulut Anda dengan tisu atau dengan lengan (bukan dengan telapak tangan).

·         Buang tisu yang sudah digunakan ke tempat sampah dan lakukan kebersihan tangan.

·         Gunakan masker penutup mulut dan hidung ketika Anda sakit atau saat berada di tempat umum.

·         Jangan menyentuh/mengusap mata, hidung dan mulut dengan tangan yang tercemar.

·         Hindari kontak dengan hewan ternak dan hewan liar yang terbukti tertular coronavirus.

·         Jangan makan daging yang tidak dimasak hingga matang

 

Referensi:

1. WHO. Novel Coronavirus (2019-nCoV) Situation Reports. s.l. : WHO, 12 February 2020.

2. —. Emergencies preparedness, response. World Health Organization. [Online] May 7, 2003. https://www.who.int/csr/sars/archive/2003_05_07a/en/.

3. —. Middle East respiratory syndrome coronavirus (MERS-CoV). World Health Organization. [Online] November 2019. https://www.who.int/emergencies/mers-cov/en/.

4. —. Influenza. World Health Organization. [Online] January 20, 2020. [Cited: February 13, 2020.] https://www.who.int/influenza/human_animal_interface/H5N1_cumulative_table_archives/en/.

5. Diseases, National Center for Immunization and Respiratory. Centers for Disease Control and Prevention. 2019 Novel Coronavirus. [Online] February 8, 2020. https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/index.html.

6. —. 2019 Novel Coronavirus. Centers for Disease Control and Prevention. [Online] February 5, 2020. https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/about/transmission.html.

7. —. 2019 Novel Coronavirus. Centers for Disease Control and Prevention. [Online] February 10, 2020. https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/about/symptoms.html.

8. WHO. Coronavirus. World Health Organization. [Online] February 2020. https://www.who.int/health-topics/coronavirus.