“PENGENALAN GERIATRI DAN KARAKTERISTIK PASIEN GERIATRI”

Jakarta (16/10) –  Dalam rangka sosialisasi pelayanan Geriatri di RSPI Sulianti Saroso, Instalasi Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) bekerja sama Tim Terpadu Geriatri mengadakan kegiatan penyuluhan kesehatan bagi pasien, keluarga dan pengunjung rumah sakit pada hari Rabu , tanggal 16 Oktober 2019, bertempat di Lobby Utama RSPI Sulianti Saroso dengan tema “Pengenalan Geriatri dan Karakteristik Pasien Geriatri”. Adapun narasumber yang bertugas adalah dr. Adiatmo, SpD selaku Koordinator Tim Terpadu Geriatri.

 

Proses menua adalah proses yang normal terjadi, sedang definisi lanjut usia (lansia) adalah seseorang yang telah mencapai usia 60 tahun ke atas. Pasien geriatri adalah pasien lanjut usia dengan multi penyakit dan/atau gangguan penyakit akibat penurunan fungsi organ, psikologi, sosial, ekonomi dan lingkungan yang membutuhkan pelayanan kesehatan secara terpadu dengan pendekatan multidisiplin yang bekerja secara interdisiplin (PMK No. 79 tahun 2014).

 

Narasumber melanjutkan bahwa lansia sendiri memiliki 6 (enam) riwayat yaitu riwayat alergi, riwayat penyakit dalam keluarga, riwayat obat – obatan, riwayat perawatan sebelumnya, riwayat operasi dan riwayat nutrisi.

 

Pengenalan pelayanan geriatri ini disambut antusias pasien, keluarga dan pengunjung yang berada di Lobby Utama yang pada umumnya sudah berusia lanjut, sambil menunggu panggilan nomor antrian berobat maupun untuk.kontrol kesehatan.

Penyuluhan ini diakhiri dengan harapan semoga informasi yang diberikan jelas, bermanfaat untuk diteruskan kepada keluarga di rumah, saudara dan para sahabat yang sudah berusia lanjut bahwa di RSPI Sulianti Saroso telah membuka pelayanan Geriatri pada setiap hari Jumat

 .

 

Salam sehat untuk kita semua!