KEGIATAN PROMOSI KESEHATAN RSPI SULIANTI SAROSO “SOSIALISASI DIABETES BAGI ORANG AWAM” 18 NOPEMBER 2019

Jakarta (1811) – Dalam rangka Hari Diabetes Internasional yang diperingati setiap tanggal 14 Nopember, Instalasi Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) RSPI Sulianti Saroso bekerja sama dengan Staf Medik Fungsional Spesialis Ilmu Penyakit Dalam mengadakan kegiatan penyuluhan kesehatan bagi pasien, keluarga dan pengunjung rumah sakit pada hari Senin, tanggal 18 Nopember 2019, bertempat di Lobby Utama RSPI Sulianti Saroso dengan tema “Sosialisasi Diabetes Bagi Orang Awam”. Adapun narasumber yang menyampaikan adalah dr.Herlina, SpD.

 

Diabetes Melitus (DM) merupakan keadaan yang timbul karena ketidakmampuan tubuh mengolah karbohidrat/glukosa akibat kurangnya jumlah insulin atau insulin yang tidak berfungsi sempurna. Adapun faktor penyebab DM yang tidak dapat dikendalikan antara lain : riwayat DM dalam keluarga, umur > 45 tahun, riwayat pernah menderita DM saat hamil, riwayat penyakit kardiovaskular. Sedang faktor penyebab DM yang dapat dikendalikan, yaitu :kegemukan, tekanan darah tinggi,kadar kolesterol, gaya hidup kurang gerak serta pola makan tidak sehat.

 

Narasumber melanjutkan bahwa gejala lain yang sering timbul, yaitu : penurunan berat badan yang tidak jelas sebabnya, cepat lelah & mengantuk, pandangan kabur, sering berganti ukuran kacamata, kesemutan, rasa tebal di kulit terutama kaki, gatal – gatal di sekitar kemaluan yang lama sembuh. gigi mudah goyang dan lepas. Disampaikan pula langkah – langkah mengendalikan DM, yaitu : berperan aktif dalam proses pengobatan, pola makan lebih baik, hidup lebih aktif, minum obat sesuai anjuran dokter, periksa kadar gula secara teratur, jagalah agar kaki selalu bersih, kering dan lembut serta periksa mata secara teratur.

 

Penyuluhan ini diakhiri dengan harapan semoga informasi yang diberikan jelas, bermanfaat untuk diteruskan kepada keluarga di rumah, saudara dan para sahabat

 

Salam sehat!