KEGIATAN PROMOSI KESEHATAN RSPI SULIANTI SAROSO DI PUSKESMAS PADEMANGAN “DETEKSI DINI HEPATITIS B PADA KEHAMILAN”

Jakarta (13/12) – Di penghujung tahun 2019, Instalasi Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) RSPI Sulianti Saroso tetap giat melaksanakan program kerjanya. Kali ini dengan mengambil lokasi di luar rumah sakit, tepatnya di Puskesmas Pademangan, pada hari Jumat, tanggal 13 Desember 2019, mengadakan kegiatan penyuluhan kesehatan bagi pasien, keluarga dan pengunjung dengan menggaet dr. Betha Ariesanty, AH, SpPK sebagai narasumbernya.

 

Dr. Betha menjelaskan di hadapan pasien ibu hamil yang hadir tentang pengertian hepatitis B pada kehamilan, yaitu penyakit hepatitis yang terjadi pada saat ibu hamil. Hepatitis itu sendiri adalah peradangan organ hati (liver) yang disebabkan oleh berbagai faktor. Peradangan pada hati (liver) tersebut akan menyebabkan kerusakan sel – sel jaringan bahkan semua bagian organ hati, selanjutnya gagal hati, kanker hati, bahkan bisa menyebabkan kematian.

Penyakit ini lebih familiar di telinga masyarakat dengan sebutan penyakit kuning. Gejalanya ditandai dengan timbulnya warna kuning pada kulit, kuku dan bagian putih bola mata.

 

Virus hepatitis B itu sendiri tidak menular melalui makanan atau minuman, berbagi peralatan makan, menyusui, memeluk, mencium, memegang tangan, batuk/bersin. Diagnosis dilakukan pada saat kunjungan pertama kali saat kehamilan. Dilakukan dengan pemeriksaan fisik, mis hati teraba lunak dan kadang agak membesar.

Pencegahan penularan, selain screening awal saat kehamilan, juga dengan pemberian imunisasi (vaksin hepatitis B) pada bayi baru lahir, istirahat cukup bagi ibu hamil, memeriksa kehamilan secara teratur, menjaga kebersihan dan sanitasi, dapat asupan gizi yang tepat, benar dalam menyiapkan dan mengolah makanan.

 

Semangat untuk Instalasi PKRS RSPI Sulianti Saroso